6.104 Bus Tidak Layak Pakai Ketika Natal dan Tahun Baru 2019

Advertisement
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih terus melakukan persiapan menjelang Natal dan Tahun Baru 2019. Salah satunya dengan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) kepada bus-bus yang merupakan salah satu tranportasi pada moment akhir tahun ini.


Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan uji kelaikan kepada bus sebanyak 27.332, dari total 49 ribu bus di Indonesia.

"Jadi bus yang lulus uji kelaikan dan sudah sesuai regulasi yang ada, baik secara administrasi, maupun kinerja kendaraan sebesar itu sebesar 21.228. dan yang tidak lulus uji kelaikan sebanyak 6.104 kendaraan," ujarnya di Kementerian Perhubungan, Selasa (18/12/2018).

Dia menjelaskan bahwa, uji kelaikan bus itu masih berlangsung sampai tanggal 20 Desember 2018. Di mana kendaraan bus yang tidak lulus uji kelaikan berasal dari Jawa.

"Jadi, yang dilanggar bus yang tidak lolos termasuk bus wisata rata-rata menyangkut masalah surat-surat, dan kelengkapan kelaikan jalan," tuturnya.


Dia menambahkan, banyak bus-bus pariwisata belum dilakukam uji kelaikan. Pasalnya, ada kelemahan pengawasan dari Kemenhub terhadap bus wisata tersebut.

"Bus-bus wisata tidak masuk terminal. Sedangkan uji kelaikan paling banyak dilakukan di terminak tipe A. Kebetulan kendaraan bus wisata jarang masuk terminal," pungkasnya.
Advertisement
6.104 Bus Tidak Layak Pakai Ketika Natal dan Tahun Baru 2019 | Unknown | 5

0 komentar:

Post a Comment